BelajarInggris.Net 486x60

Jangan Lewatkan Peluang Emas Ini

Saturday, September 24, 2011

Pengaruh Kampanye Politik Calon Bupati terhadap Keputusan Memilih

La Ode Abdul Salam S., C1D1 07 136, Pengaruh Kampanye Politik Calon Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi terhadap Pengambilan Keputusan Memilih Wajib Pilih (Survey Pada Pemilukada Kab. Wakatobi Tahun 2011 di Kec. Wangi-Wangi dan Wangi-Wangi Selatan). Dengan Pembimbing I Bapak Sumadi Dilla, S.Sos., M.Si. dan La Tarifu, S.Pd., M.Si. selaku Pembimbing II.

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) apakah variabel kampanye politik calon bupati dan wakil bupati Wakatobi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan memilih wajib pilih? (2) apakah variabel-variabel dalam kampanye politik calon bupati dan wakil bupati Wakatobi yang terdiri dari: bentuk komunikasi politik, saluran kampanye politik, strategi, dan produk politik berpengaruh secara simultan terhadap pengambilan keputusan memilih wajib pilih? dan (3) dari keempat variabel bebas ini manakah yang paling berpengaruh dominan?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kampanye politik calon bupati dan wakil bupati Wakatobi terhadap pengambilan keputusan memilih wajib pilih. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel-variabel dalam kampanye politik calon bupati dan wakil bupati Wakatobi yang terdiri dari: bentuk komunikasi politik, saluran kampanye politik, strategi, dan produk politik secara simultan terhadap pengambilan keputusan memilih wajib pilih. (3) untuk mengetahui variabel dalam kampanye politik calon bupati dan wakil bupati yang mempunyai pengaruh dominan.

Objek penelitian ini adalah wajib pilih yang terdaftar sebagai pemilih pada Pemilukada Wakatobi Tahun 2011. Teori yang digunakan adalah teori pertimbangan sosial. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang ditentukan dengan cara multistage cluster random sampling dan ditambah dengan 7 informan yang dipilih dengan cara purposive sampling sebagai penjelas data kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalui teknik korelasi dan regresi linear sederhana dan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat pada taraf kepercayaan 95 % (α = 0,05)

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengaruh kampanye politik calon bupati dan wakil bupati Wakatobi berada pada kategori kuat (r = 0,864) terhadap pengambilan keputusan memilih wajib pilih. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (16,992 > 1,98) sehingga hipotesis penelitian pertama H1 diterima. Sedangkan sub variabel bebasnya yakni bentuk komunikasi politik, saluran kampanye politik, strategi, dan produk politik secara simultan berada pada kategori kuat sekali (r = 0,927) terhadap pengambilan keputusan memilih wajib pilih. Hal ini dibuktikan pula dengan nilai F hitung > F tabel (145,710 > 3,07) sehingga hipotesis penelitian kedua H1 juga diterima. Dari keempat variabel bebas tersebut yang berpengaruh dominan adalah strategi dengan nilai koefisien regresi berganda sebesar 0,853 sehingga hipotesis penelitian ketiga H1 ditolak.

No comments:

Post a Comment