BelajarInggris.Net 486x60

Jangan Lewatkan Peluang Emas Ini

Saturday, August 25, 2012

Media Internet Sebagai Saluran Kegiatan Public Relation (PR)


Internet sangat penting bagi public relations, sama halnya dengan televisi bagi periklanan. public relations terus berubah, untuk memberikan pengetahuan terhadap publik yang berbeda mengenai cara pandang terbaru, internet bisa menjadi pilihan.
Salah satu bagian dari tools media komunikasi pada internet, yaitu forum online. Keberadaan forum online di dunia maya sangat ramai. Ada beberapa forum yang mengharuskan kita mendaftar untuk melihat komentar dan memberi komentar (posting). Namun, ada juga forum yang membebaskan pembaca untuk melihat komentar orang lain. Keberadaan forum online seringkali disebut dengan nama yang berbeda-beda, seperti forum komunikasi atau forum diskusi, bulletin board, discussion board, atau newsgroups. Sama halnya dengan email dan chatting, forum online secara umum didesain untuk komunikasi yang berkelanjutan. Pada beberapa website, biasanya tersedia forum online dengan beragam topik.

Forum online merupakan salah satu bentuk electronic public relations (E-PR) dimana PR bisa mengirimkan klarifikasi atas komentar publik, begitu pula sebaliknya justru publik menggunakan forum online untuk menyampaikan opininya terhadap perusahaan. Berbagai kelebihannya tersebut, membuat internet menjadi salah satu tools media komunikasi dalam bidang public relations, atau kini dikenal dengan sebutan E-PR. Elektronik public relations kini mulai banyak digunakan oleh berbagai perusahaan di dunia.

Melalui internet, dimungkinkan PR menjalin hubungan baik untuk mempertahankan dukungan publik. Di bawah ini adalah berbagai keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan internet dalam kegiatan PR (Kriyantono, 2006:330), antara lain:

  1. Komunikasi dengan biaya murah dengan cepat sampai ke publik. Internet selain menyediakan informasi juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi.
  2. Sarana mendapatkan informasi. kemajuan dunia Internet menyediakan berbagai informasi perkembangan terakhir dari kemajuan teknologi, medikal, militer, dll. Berbagai informasi produk baru, informasi bisnis, manajemen, moneter, dan lain-lain.
  3. Memelihara hubungan. Surat yang biasa dikirimkan lewat pos, misalnya sering diistilahkan dengan surat siput. Hal ini tidak terjadi jika menggunakan internet, sehingga hubungan dengan rekan bisnis, keluarga, maupun instansi tertentu dapat berjalan dengan cepat melalui internet.
  4. Membentuk hubungan diskusi atau bisnis. PR dapat melakukan kegiatan bertukar informasi dengan publiknya, menjalin hubungan dengan media (press relations). Internet dapat membentuk berbagai kelompok diskusi atau bisnis antara PR dgn profesi lainnya dan semua orang dapat ikut bergabung di dalamnya,
  5. Sarana promosi. Bagi perusahaan yg bergerak di bidang tertentu dapat mengiklankan dan memberi informasi produknya lewat internet, bahkan kesempatan ini pun seringkali dipakai oleh pihak pemerintah maupun swasta untuk memperkenalkan objek wisata lewat internet. PR dapat membuat annual report (laporan tahunan) company profile atau commercial online melalui situs atau website perusahaan. Selain itu dapat melakukan one to one marketing dengan pihak lain.
  6. Mengutip Onggo (2004:2), komunikasi internet dianggap efektif dalam praktek PR, karena menciptakan hubungan one to one daripada media massa lain yang bersifat one to many.
Sebagai tambahan, internet memberikan berbagai keuntungan pagi kegiatan E-PR (Matt Haig, 2000:3) yaitu:
  1. Komunikasi yang konstan (constant communication). Internet tidak pernah tidur, kita bisa melakukan komunikasi selama 24 jam sehari, 7 hari per minggu, 365 hari per tahun.
  2. Respon instan (instant response). Kita bisa memberikan respon secara instant untuk meningkatkan penjualan serta menangani issue yang tersebar melalui internet.
  3. Khalayak yang global (global audience). Karena interaktivitas internet, kita bisa mendapatkan respon yang langsung dari khalayak kita.
  4. Komunikasi dua arah. Komunikasi dua arah antara organisasi dan publiknya merupakan tujuan dari komunikasi public relations. Melalui internet, komunikasi dua arah sangat mungkin dilakukan untuk menghubungkan antara kita dan bisnis kita.
  5. Efektivitas biaya. Dengan menggunakan media online, PR tidak perlu pusing memikirkan biaya print atau stationery. Dengan menggunakan internet, pekerjaan menjadi lebih hemat biaya.

Dalam memanfaatkan internet, pada generasi online public relations, tools komunikasi yang digunakan public relations perlu menggabungkan 4 macam karakteristik (Holtz, 2002:6) berikut:
  1. Strategic. Online Public Relations didesain untuk memberikan efek terhadap keuntungan perusahaan,
  2. Integrated. Internet digunakan sebagai bagian dari rencana komunikasi.
  3. Targeted. Internet digunakan didasari oleh tujuan yang ingin didapatkan dari khalayak sasaran.
  4. Measurable. Perencanaan juga termasuk dengan efektivitas dari usaha yg sudah dilakukan.

Forum online sering memiliki nama lain. Beberapa situs menyebutnya sebagai newsgroup. Bob Julius Onggo (2008:179) menuliskan bahwa banyak manfaat yang dapat dimaksimalkan seorang PR lewat partisipasinya di berbagai newsgroup, seperti:

  1. Menjangkau calon pelanggan yang prospektif. Pesan-pesan yang positif dari PR dapat dibaca oleh begitu banyak anggota dari suatu newsgroup yang dituju.
  2. Berkomunikasi dan memupuk hubungan yang positif dengan publik.
  3. Riset pasar. Walaupun ini bukan tugas seorang PR, dengan bergabung pada newsgroup, paling tidak seorang PR dapat menginformasinya ke bagian departemen pemasaran.
  4. Membangun reputasi. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan orang danmembantu memecahkan masalah-masalah mereka, hal ini akan membangun reputasi yang baik bagi perusahaan anda
  5. Traffic meningkat. Tentu saja hal ini akan meningkatkan pengunjung ke situs web anda karena adanya informasi-informasi yang baik yang anda berikan ke publik di suatu newsgroup tertentu.

Internet atau forum online digunakan oleh PR sebagai bagian dari proses komunikasi untuk memberikan citra positif terhadap perusahaan. Dari sudut kepentingan korporasi atau organisasi, komunikasi eksternal yang dilakukukan melalui media korporasi atau organisasi dimaksudkan untuk mendukung keberadaan korporasi secara sosial di tengah masyarakat. Jadi, komunikasi eksternal dilakukan dengan tujuan untuk membangun public relationship yang baik dengan pihak luar sehingga terbentuk citra sosial (social image) yang positif atas korporasi atau organisasi. Dengan demikian, langkah-langkah yang diambil manajemen korporasi di tengah masyarakat diharapkan akan mendapatkan dukungan.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Haig, Matt. E-PR: The Essential Guide to Public Relations on the Internet. USA: Kogan Page, 2000.
  2. Holtz, Shel. Public Relations On The Net, Second Edition. New York: AMACOM, 2002.
  3. Julius Onggo, Bob. Cyber Pubic Relations: Strategi Membangun dan Mempertahankan Merek Global di Era Globalisasi Lewat Media Online. Jakarta: Gramedia, 2004
  4. -------. Google PR: The Smart Side of Internet Public Relations. Bandung: Examedia, 2008.
  5. Kriyantono, Rachmat. Teknik praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006
Download File Doc disini

No comments:

Post a Comment